Bagaimana Cara kita Memasang Google Custom Search (CSE) di Blog

google, custom, search
Sebuah Situs (blog) bakal kurang komplet jika tidak ada kotak penelusuran. Tools ini benar-benar bermanfaat sekali untuk lakukan pencarian content dalam Situs (blog) anda dengan memasukan kata kunci (keyword) spesifik. Pastinya hal semacam ini bakal menolong pengunjung dalam menjelajahi Situs (blog) anda. Kotak penelusuran ini senantiasa sudah ada pada template-template buatan para master yang membuat template yang biasanya kita download. Namun andaikata pada Situs (blog) anda belum ada kotak penelusuran, anda dapat menempatkan kotak penelusuran yang sudah di sediakan blogger (Dalam daftar widget), atau dapat pula memanfaatkan Google Custom Search yang umum dimaksud Google CSE.

Dengan memanfaatkan Google CSE ini, penampilan hasil pencarian bakal serupa dengan hasil pencarian Google. Serta menariknya, andaikata anda sebagai seorang  Publisher Google Adsense, jadi dengan Google CSE ini anda dapat meningkatkan pendapatan pada google Adsense. Lantaran iklan dari Google Adsense dapat menunjukkan hasil pencarian Google CSE.

Sekarang kita bahas bagaimana sih Cara Kita Menempatkan Google Custom Search (CSE) di Situs (blog) Blogspot.

  • Buka halaman ini https : //www. google. com/cse/
  • Anda Klik tombol Buat mesin telusur khusus.
  • Jika belum login, silakan login dengan akun Google sobat.
  • Setelah muncul halaman selanjutnya, silakan masukan url Blog sobat. Sobat bisa memasukkan lebih dari satu url.
  • Untuk bahasa, pilih saja bahasan Indonesia.
  • Terakhir klik Buat.
  • Akan muncul pesan, Selamat! Anda telah berhasil membuat Mesin telusur khusus.
  • Klik Dapatkan kode. Sobat juga bisa pilih kontrol panel untuk mengatur Google Custom Search yang baru dibuat, termasuk mengatur tampilan.
  • Salin kode yang diberikan selanjutnya masuk ke akun Blogger sobat. Kemudian masuk ke bagian Tata Letak >>  Klik tambahkan gadget di bagian sidebar >> Pilih HTML/Javascript >> paste kode >> Klik Simpan.
Jika anda tak merubah penampilan, Google Custom Search yg anda bikin maka bakal nampak nampak seperti kotak penelusuran seperti umumnya, tapi ada tulisan Google Custom Search. Serta hasil pencarian dipertunjukkan pada suatu pop-up, sedang penampilan halaman awalannya jadi buram.

Demikianlah untuk para bloger yang ingin memasang Google CSE di blog nya. Semoga artikel “bagaimana Cara kita Memasang Google Custom Search (CSE) di Blog” dengan mudah ini bisa bermanfaat. 

Nb. Anda bisa coba di blog ini di tombol Search.

Subscribe to receive free email updates: